Sabtu, 13 Desember 2014

Makalah Pengantar Bisnis Tentang PT Hero Supermarket Tbk.



Makalah Pengantar Bisnis Tentang PT Hero Supermarket Tbk.
PT. HERO SUPERMARKET Tbk.
PT Hero Supermarket Tbk (IDX: HERO ) adalah perusahaan ritel yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Hero Supermarket Group adalah perusahaan ritel modern pertama di Indonesia, didirikan tahun 1971 oleh almarhum Muhammad Saleh Kurnia di Jalan Falatehan. Saat ini Hero membidik
dasar menengah ke atas.
Saat ini, Hero Supermarket Group merupakan suatu grup ritel yang memiliki berbagai format sebagai berikut:
1.      Hero (supermarket)
2.      Giant (hypermarket & supermarket)
3.      Guardian (toko obat)
4.      Starmart (mini-market)
Lokasi Hero Supermarket, Giant Hypermarket, Giant Supermarket, Guardian & Starmart
Jabodetabek - Jakarta Barat
·         Hero Green Garden
·         Hero Mal Ciputra
·         Hero Puri Indah Mall
·         Hero Mal Taman Anggrek
·         Hero Tomang
·         Giant Supermarket Citra Garden
·         Giant Supermarket Mediterania Tanjung Duren
·         Giant Supermarket Slipi Jaya
·         Giant Supermarket Taman Alfa
·          Giant Hypermarket Lindeteves Trade Center
Jakarta Pusat - Jakarta SelatanHero Cokroaminoto
         Hero Gondangdia
         Hero Plaza Senayan
         Hero Sarinah Thamrin
         Giant Supermarket Apartment Kemayoran
         Giant Supermarket Gunung Sahari
         Giant Supermarket Megaria
         Giant Supermarket Menteng Huis
         Hero Gatot Subroto
         Hero Kemang Villa
         Hero Pasaraya Grande
         Hero Pondok Indah Mall
         Hero Permata Hijau
         Hero Tarogong
         Giant Supermarket Bintaro Veteran
         Giant Supermarket Blok M Plaza
         Giant Supermarket Cilandak Fatmawati
         Giant Supermarket Cilandak KKO
         Giant Supermarket Lebak Bulus
         Giant Supermarket Mampang
         Giant Supermarket Pasaraya Manggarai
         Giant Hypermarket Kalibata Mall
         Giant Hypermarket Poins Square (Lebak Bulus)
         Giant Hypermarket Plaza Semanggi
Jakarta Timur - Jakarta Utara
         Giant Supermarket Buaran
         Giant Supermarket Cipinang
         Giant Supermarket Kalimalang
         Giant Supermarket Pondok Bambu
         Giant Supermarket Rawamangun Artomoro
         Giant Hypermarket Ujung Menteng
         Giant Supermarket Orchard Square Kelapa Gading
         Giant Supermarket Sunter
         Giant Supermarket Danau Sunter Mall
Cibubur - Bogor
         Giant Supermarket Citra Grand Mall
         Giant Hypermarket Cibubur
         Hero Kota Wisata
         Giant Supermarket Cibinong Square
         Giant Supermarket Loji Sindang Barang
         Giant Supermarket Pajajaran
         Giant Supermarket Cikeas
         Giant Hypermarket Botani Square
         Giant Hypermarket Jonggol MetLand
         Giant Hypermarket Taman Yasmin
Depok - Tangerang
         Giant Supermarket Cinere Mall
         Giant Supermarket Bojongsari
         Giant Hypermarket Cimanggis
         Giant Hypermarket Margo City Depok
         Giant Hypermarket Tole Iskandar
         Giant Supermarket Tangerang Pinang
         Giant Supermarket Tangerang Poris Paradise
         Giant Hypermarket Ciledug
         Giant Hypermarket Superstore City Mall
         Giant Hypermarket Pamulang
         Giant Hypermarket BSD City
         Giant Hypermarket CBD Bintaro
         Giant Hypermarket Alam Sutera
         Giant Hypermarket Villa Melati Mas
         Giant Supermarket Pondok Cabe
         Giant Supermarket Pondok Betung
         Giant Supermarket Pamulang
         Giant Supermarket Ciputat
         Giant Supermarket Bintaro Jaya
         Giant Supermarket Graha Raya
         Giant Supermarket Rempoa
         Hero Bintaro Plaza
         Hero Emerald Bintaro
         Hero Living World Alam Sutera Serpong
         Starmart Bintaro Sektor 9
Bekasi – Karawang
         Hero Kemang Pratama
         Giant Supermarket Bintara
         Giant Supermarket Jatibening
         Giant Supermarket Pondok Kopi
         Giant Supermarket Jatiwarna
         Giant Supermarket Tambun Pasar Metropolitan
         Giant Supermarket Pondok Timur
         Giant Supermarket Jatirahayu
         Giant Supermarket Kranggan
         Giant Hypermarket Pondok Gede
         Giant Hypermarket Harapan Indah
         Giant Hypermarket Megamall Bekasi
         Giant Hypermarket Tambun
         Giant Superstore Jati Asih
         Giant Superstore Wisma Asri
         Giant Supermarket Pekayon
         Guardian Mal Karawang
         Guardian Karawang Central Plaza
         Giant Supermarket Karawang Central Plaza
         Giant Supermarket Karawang Plaza
         Giant Supermarket Cikampek
Banten – Rangkasbitung
         Guardian Giant Serang
         Giant Hypermarket Serang
         Guardian Giant Supermarket Rangkasbitung
         Giant Supermarket Rangkasbitung
Cilegon - Jawa Barat
         Guardian Giant Supermarket Cilegon City Square
         Giant Supermarket Cilegon City Square
         Hero Trans Studio Mall
         Guardian Paris Van Java Mall
         Guardian Riau Junction
         Guardian Giant Hyperpoint
         Guardian Giant Bandung Supermal
         Guardian Giant Supermarket Setrasari Mall
         Guardian Giant Istana Plaza
         Guardian Lucky Square
         Guardian Istana Plaza
         Starmart Ciumbuleuit
         Starmart Grand Setiabudi Hotel Bandung
         Starmart Majesty Apartment Bandung
         Starmart Braga City Walk
         Starmart Surya Sumantri
         Starmart Mitra Bandung TC
         Giant Supermarket Flamboyan
         Giant Supermarket Istana Plaza
         Giant Supermarket Suci
         Giant Supermarket Setrasari Mall
         Giant Hypermarket Pasteur Hyperpoint
         Giant Supermarket Kota Baru Parahyangan
         Guardian Giant Supermarket Kota Baru Parahyangan
Ciamis - Cimahi – Sumedang - Cirebon
         Giant Supermarket Ciamis Mall
         Guardian Giant Supermarket Cimahi Mall
         Giant Supermarket Cimahi Mall
         Guardian Jatinangor Town Square
         Starmart Pinewood Apartement Jatinangor
         Guardian Cirebon Superblock
         Guardian Grage Mall
         Guardian Giant Supermarket Cietos
         Guardian Giant Superstore Cirebon
         Giant Supermarket Cietos
         Giant Superstore Cirebon
Purwakarta – Tasikmalaya - Sukabumi
         Guardian Giant Purwakarta
         Giant Hypermarket Purwakarta
         Guardian Giant Mayasari Plaza
         Giant Mayasari Plaza
         Guardian Giant Sukabumi Indah Plaza
         Giant Supermarket Sukabumi Indah Plaza
         Guardian Giant R.A. Kosasih
         Giant Supermarket R.A. Kosasih

Jawa Tengah
         Guardian Giant Candi
         Guardian Giant Anjasmoro
         Guardian DP Mall
         Guardian Giant Semarang Central
         Guardian Paragon
         Guardian Mal Ciputra
         Giant Supermarket Candi
         Giant Supermarket Anjasmoro
         Giant Supermarket Tlogosari
         Giant Hypermarket Central City
         Giant Hypermarket Superdome
         Giant Supermarket Palur Plaza
         Guardian Solo Paragon
         Guardian Armada Town Square Magelang
         Guardian Giant Supermarket Pakelan
         Guardian Giant Supermarket Tidar
         Giant Supermarket Tidar
         Giant Supermarket Pakelan
         Guardian Giant Supermarket Pekalongan
         Giant Supermarket Pekalongan
Yogyakarta
         Guardian Plaza Ambarrukmo
         Guardian Mal Galeria
         Giant Supermarket Godean
         Giant Supermarket Uripsumoharjo
         Giant Supermarket Ring Road Utara
         Hero Supermarket Sahid Jogja Lifestyle City
         Hero Supermarket Malioboro
Jawa Timur
         Hero Tunjungan Plaza
         Hero Grand City Surabaya
         Hero Lenmarc Mall
         Guardian Surabaya Plaza
         Guardian Galaxy Mall
         Guardian Galaxy Mall II
         Guardian Giant Maspion
         Guardian Giant Supermarket Wiyung
         Guardian Giant Supermarket Mulyosari
         Guardian Giant Diponegoro
         Guardian Giant Rajawali
         Guardian Giant Arief Rachman Hakim
         Guardian Tunjungan Plaza
         Guardian Hero Tunjungan Plaza
         Guardian Giant Supermarket Mayjen Sungkono
         Guardian Surabaya Pakuwon Mall
         Guardian Giant Supermarket Kedungsari
         Guardian Giant Supermarket Manukan
         Starmart Metropolis
         Starmart Graha Family
         Starmart G Walk
         Starmart Graha Bukopin
         Starmart Giant Sby Rajawali
         Starmart WTC
         Giant Supermarket Arief Rachman Hakim
         Giant Supermarket HR Muhammad
         Giant Supermarket Kapas Krampung Plaza
         Giant Supermarket Kedungsari
         Giant Supermarket Klampis
         Giant Supermarket Manukan Lontar
         Giant Supermarket Mulyosari
         Giant Supermarket Rungkut
         Giant Supermarket Wiyung
         Giant Hypermarket Maspion
         Giant Hypermarket Diponegoro
         Giant Hypermarket Rajawali
Gresik dan Sidoarjo
         Guardian Giant Supermarket Gresik
         Giant Supermarket Gresik
         Hero Taman Pinang
         Guardian Giant Pondok Chandra
         Guardian Giant Sun City
         Guardian Hero Taman Pinang
         Guardian Giant Waru
         Giant Hypermarket Pondok Candra
         Giant Hypermarket Sun City
         Giant Hypermarket Waru
Pasuruan – Probolinggo – Banyuwangi – Malang 
         Guardian Giant Supermarket Pasar Poncol
         Giant Supermarket Pasar Poncol
         Guardian Giant Hypermarket Probolinggo
         Giant Hypermarket Probolinggo
         Guardian Ramayana Banyuwangi
         Guardian Giant Banyuwangi
         Giant Hypermarket Banyuwangi
         Guardian Giant Pulosari
         Guardian Giant Gajayana Malang
         Guardian Giant Supermarket Sawojajar
         Giant Supermarket Dinoyo
         Giant Supermarket Pulosari
         Giant Supermarket Plaza Araya
         Giant Supermarket Sawojajar
         Giant Supermarket Singosari
         Giant Hypermarket Gajayana
Bojonegoro – Madiun – Kediri
         Giant Supermarket Bojonegoro
         Guardian Giant Supermarket Timbul Jaya
         Giant Supermarket Timbul Jaya
         Guardian Giant Doho Plaza
         Giant Supermarket Doho Plaza
Sumatera
Medan
         Guardian Hermes Palace
         Guardian Thamrin Plaza
         Giant HM.Jhoni Medan
Padang – Pekanbaru
         Guardian Ramayana Andalas Plaza
         Guardian Giant Hypermarket Metropolitan City Pekanbaru
         Guardian Mall Ciputra Seraya
         Guardian Mall SKA Pekanbaru
         Guardian Giant Nangka Pekanbaru
         Guardian Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II
         Giant Hypermaret Metropolitan City Pekanbaru
         Giant Nangka Pekanbaru

Palembang – Bengkulu - Lampung
         Guardian Palembang Indah Mall
         Giant Ekstra Kenten Palembang
         Guardian Giant Ekstra Kenten Palembang
         Starmart Perumnas Terminal Sako kenten Palembang
         Starmart Rukan PTC Palembang
         Guardian Mega Mall Bengkulu
         Giant Supermarket Mega Mall Bengkulu
         Guardian Chandra Superstore Antasari
         Guardian Giant Supermarket Mall Kartini
         Guardian Giant Supermarket Pagar Alam
         Guardian Giant Hypermarket Antasari
         Guardian Giant Ekspres Kedamaian
         Guardian Giant Ekspres Kemiling
         Giant Supermarket Mall Kartini
         Giant Supermarket Pagar Alam
         Giant Hypermarket Antasari
         Giant Ekspres Kedamaian
         Giant Ekspres Kemiling
Bali & Nusa Tenggara
         Hero Benoa Square
         Guardian Hero Benoa Square
         Guardian Melasti
         Guardian Mall Galeria
         Guardian Giant Supermarket Central Park Kuta
         Guardian Giant Supermarket Nikita Plaza
         Guardian Giant Supermarket Libi Plaza Bali
         Guardian Bali Collection
         Giant Supermarket Central Park Kuta
         Giant Supermarket Libi Plaza Bali
         Giant Supermarket Nikita Plaza
         Hero Lombok Mataram Mall
Kalimantan
Samarinda
         Hero Samarinda Central Plaza
         Guardian Mal Palangkaraya
         Guardian Hero Samarinda Central Plaza
         Guardian Samarinda Mal Mesra
         Guardian Samarinda Square
         Giant Supermarket Mal Mesra Indah
Banjarmasin – Banjarbaru – Balikpapan - Tarakan
         Guardian Duta Mall
         Giant Supermarket Banjarmasin KM 5
         Guardian Giant Supermarket Citra Plaza Banjarbaru
         Giant Supermarket Citra Plaza Banjarbaru
         Hero Mal Balikpapan Baru
         Hero Balikpapan Plaza
         Guardian Balcony City
         Guardian Balikpapan Plaza
         Guardian Mal Balikpapan Baru
         Giant Supermarket Kebun Sayur Plaza
         Hero Plaza THM
         Guardian Grand Tarakan Mall
Sulawesi
Makassar - Manado
         Hero Mal Ratu Indah
         Guardian Hero Mal Ratu Indah
         Guardian Giant Supermarket Alauddin
         Giant Supermarket Alauddin
         Giant Supermarket Tamalanrea
         Guardian Manado Town Square








Perjalanan PT. Hero Supermarket Tbk
·         PIONEER
Perjalanan kesuksesan Hero tidak terlepas dari kehidupan “hero”-nya yang sangat inspiratif. Beliau ialah almarhum M.S. Kurnia, yang dilahirkan pada 1 Desember 1934 di Sukabumi, Jawa Barat. Beliau dibesarkan di masa yang sulit. Di Jakarta, Kurnia kecil tidak mempunyai waktu untuk menikmati masa kecilnya seperti orang lain, dan beliau harus membantu keluarganya keluar dari kesulitan.
Kurnia kecil tidak mau membuang-buang waktu. Setelah sekolah tanpa waktu untuk bermain dengan teman-temannya, Kurnia langsung bekerja untuk mengumpulkan uang dengan menjual makanan. Kegigihannya menghasilkan dukungan dari orang tuanya dan saudaranya. Sampai 1945, Kurnia dengan kakaknya laki-lakinya, Wu Guo Chang, mencoba untuk melakukan bisnis dengan serius. Bersama, mereka mendirikan CV (Commanditaire Vennootschap) perusahaan dengan nama  CV. Hero.
 Pada tahun 1959 Wu Guo Chang mengundurkan diri dari CV. Hero , namun  Kurnia tidak putus asa dan tetap optimis dengan prospek ritel bisnis Hero dalam makanan dan minuman impor. “Kunci dari kesuksesan adalah pertama, kita harus mengambil kesempatan pada waktu yang tepat walaupun kesempatan itu datang dari mana saja. Kedua, itu tergantung pada apakah anda mempunyai visi dan bisa bertumbuh  di atas yang lain”, kata Kurnia secara jelas tentang prinsipnya. Ini adalah bakat Kurnia. Dia bisa melihat sisi positif dari sebuah kesempatan yang tidak bisa dilihat oleh kebanyakan orang. Tidak lama kemudian, tahun 70-an datang dan membawa harapan. Saat kondisi ekonomi membaik, Kurnia melihat kesempatan. “Lihatlah orang-orang asing itu, mereka pergi ke Singapura 3 atau 4 kali hanya untuk berbelanja makanan barat dan minuman. Ini adalah kesempatan, kita bisa mengimpor makanan dan minuman yang mereka butuhkan dan kita bisa menjualnya lagi di Jakarta” kata Kurnia dengan penuh semangat.
 Dengan nasehat dari temannya yang berasal dari Kanada, Mr Charles Turton, Kurnia dan Nurjahati pergi ke Singapura untuk melakukan survey tentang supermarket. Satu per satu, mereka mengunjungi beberapa supermarket modern disana, dan mereka membuat persiapan dengan hati-hati. Kurnia lalu siap untuk membuka supermarket modern. Dia sangat percaya diri dan yakin dengan prospek bisnisnya. Untuk pertama kali pada 23 Agustus 1973, Hero Mini Supermarket dibuka. Supermarket ini berlokasi di Jl. Falatehan No. 23, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, di tengah perumahan mewah, dengan total pegawai hanya 16 orang. Upacara pembukaannya sangat sederhana, hanya keluarga dekat yang diundang.
 Di awal bisnis supermarketnya, Kurnia mengalami banyak kesulitan. Dia menyadari bahwa waktu kerjanya kurang menguntungkan. Ditambah kurangnya pengalaman, banyak makanan yang terbuang karena tidak terjual. Dia akhirnya berinovasi, memulainya dengan membangun gudang spesial untuk makanan segar untuk mengatur waktu kerja para pegawainya.  Pada tahun 70-an, kebanyakan supermarket tutup pada hari Minggu dan liburan. Kurnia melihat situasi ini sebagai kesempatan. Pada hari-hari tersebut, dia membuka Hero dan mendapat respons yang besar dari pelanggannya. Melihat kesuksesan Hero, toko lainnya dan supermarket lalu mengikuti strateginya. Ini membuat Hero sebagai pelopor dalam mempunyai jam belanja alternatif di Indonesia! Pasang dan surut, untung dan rugi, surplus dan minus, Kurnia harus melewati ini semua dalam menjalani ritel bisnisnya. Bersama dengan Nurhajati, dia melakukan apa pun untuk mencapai kesuksesan untuk Hero. Karena Kurnia, “Semua harus ada percobaan pertama. Tanpa itu, akan sangat sulit untuk mengetahui apakah ini akan bekerja atau tidak.” Dan itu tidak mengambil waktu yang lama untuk prinsipnya untuk dibuktikan.
 Kesuksesan Hero Faletehan menciptakan kesempatan yang lebih banyak untuk Kurnia dan membuatnya lebih mudah untuk mencapai target yang dia inginkan. Kesuksesan Hero pertama dikarenakan waktu yang tepat, ekonomi yang kondusif, dan juga dukungan dari partner perusahaan.Lebih dari itu, Hero bertahan dan melanjutkan berkembang dengan hampir tidak ada pesaing! Kebanyakan, hanya ada para pengikut. Selama Hero berkembang, supermarket lainnya muncul dan mengikuti gaya Hero. Tidak mengejutkan, Hero Supermarket berkembang seperti bambu di musim semi. Hero berkembang menjadi perusahaan ritel yang dihormati di Indonesia. Satu per satu, Hero Supermarket dibuka di tahun 70-an. “Membuka satu Supermarket setiap tahun”, kata Kurnia saat dia mengatur target penjualan. Sampai 1980, pernyataan Kurnia dibuktikan dengan terbentuknya 9 cabang Hero Supermarket di Jakarta. Ini adalah pencapaian yang luar biasa pada saat itu.
·         GO PUBLIC
Di tahun 80-an, pada saat ekonomi Indonesia menjadi lebih stabil, populasi kelas menengah ke atas meningkayt. Mereka berpenghasilan dua kali lipat dan hidup mapan. Ini mempunyai efek ke meningkatnya kebutuhan akan komoditi di supermarket. Situasi ini pastinya menguntungkan kepada perkembangan Hero. Di opini Kurnia, “Selama ekonomi berkembang, Hero mempunya banyak ruang untuk berkembang, tanpa mempunyai kecemasan tentang pesaing. “Kesuksesan Hero tidak terlepas dari karakter dan sifat M.S. Kurnia sebagai penemunya. Rekan-rekan Kurnia mengenalnya sebagai ramah, polos, jujur, sopan dan baik hati. Inilah mengapa banyak orang menyukai bekerja dengan dia dan sangat bersemangat untuk memajukan Hero bersama. Didukung oleh kegigihan, keoptimisan dan visi Kurnia, Hero berkembang.
Siapapun yang mengenal Kurnia pastinya kagum akan keberaniannya dan visinya yang berjangka panjang. Memilih tempat yang tepat untuk supermarket baru, contohnya, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pada saat dia memilih lokasi untuk supermarketnya, Kurnia bisa menghabiskan akhir pekannya mengamati lokasi secara berulang-ulang. Dia mengulangi ini secara teratur untuk mendapat lokasi yang tepat untuk Hero Supermarket selanjutnya.
Dalam memilih lokasi, terkadang Kurnia memiliki pertimbangan yang sulit dipahami. “Tempat ini menarik, dan ini akan berbeda dalam satu tahun atau dua di masa depan,” katanya saat dia menemukan tempat yang sepi di pinggiran Jakarta. Beberapa tahun kemudian, semua orang setuju dengan keputusannya. Strateginya kira-kira sama seperti konsep “kota dikelilingi desa”, yang berarti supermarket yang dibangun di daerah pinggiran yang membuatnya menjadi pusat dari beberapa perumahan.
Sebagai tambahan dari sifat kemurahan hatinya yang luar biasa, Kurnia juga mempunyai pikiran yang tajam. Disaat supermarket lainnya berkompetisi dengan harga murah, Hero tetap teguh dengan komitmennya. Kurnia mengingatkan pegawainya untuk mengikuti prinsip bahwa apabila mereka secara konsisten menyediakan pelayanan terbaik dan produk berkualitas di bawah manajemen yang solid, Hero akan tetap tidak tertandingi. Tiga prinsip inilah yang dinyatakan Kurnia sebagai 3 Nilai Filosofis Hero pada 1988. Memberikan  dan menanamkan ide positif ke pegawainya telah menjadi salah satu prinsip Kurnia dalam memajukan Hero. Kurnia dianggap sebagai kereta cepat, sementara sebagian lainnya bergerak sebagai roda elemen pendukung. Tidak heran Kurnia dapat memelihara kerja sama tim.
 Untuk mendukung ini semua, Hero Group sering menyediakan pelatihan dan pengembangan keahlian untuk semua pegawai. Pada 1988, era komputerisasi dimulai. Hero menggunakan komputer IBM dari A.S 400 untuk mendapat jaringan otomatis untuk memperbaiki keefektifan dan keefisiensian. Dengan komputer ini, sistem informasi tentang penjualan dan persediaan terintegrasi agar pengambilan keputusan lebih cepat dilakukan.

v  A STEP FURTHER
Di akhir tahun 1980-an, perkembangan Hero semakin kuat. Pada 1989, Hero ada di puncak keberhasilannya dan memasuki tahun 1990 dengan penuh harapan Hero Group telah meningkatkan modalnya jauh untuk menjadi perusahaan yang cukup besar. Pada akhirnya, di tahun yang sama, Hero group melaksanakan Initial Public Offering (IPO), yang berarti menjual saham kepada masyarakat umum.
 Waktu adalah kunci dari kesuksesan IPO. Setelah mempelajari peraturan dan kondisi keuangan,  Hero memenuhi syarat secara keuangan. Hero memenuhi kriteria untuk IPO. Pada 1989, Hero menjual saham 15% di Bursa Efek Jakarta. Tanpa disangka, penganalisa investasi mengatakan bahwa Hero adalah perusahaan dengan performa yang cepat. Pengamatan ini mempunyai efek yang positif terhadap Hero Group, dan akhirnya meningkatkan harga saham nya.
 Tetapi siapa yang mengira, pada saat Hero Group berkembang seperti roket, M.S Kurnia meninggal dunia pada 10 Mei 1992. Banyak rekannya dan sahabatnya terkejut. Nurjahati, istrinya, tidak akan pernah melupakan insiden ini. Dia takut, bingung dan tidak merasa percaya diri untuk melanjutkan bisnis Hero setelah ditinggalkan almarhum Kurnia. Akan tetapi, Nurjahati mengingat pesannya, “Sampai tahun 2000, apabila Tuhan memberkati, mungkin kita bisa mencapai 100 cabang.” Sekarang, dia menjadi kuat.
 Saat melaksanakan IPO pada 1989, Hero dicatat mempunyai 26 Supermarket dan 3000 penyedia barang (300 di antaranya produser besar). Lima tahun kemudian, pada 1994 atau dua tahun setelah Kurnia meninggal, Hero Supermarket telah berkembang menjadi 56 supermarket. Sangat menakjubkan!
Maka itu, Hero dicatat sebagai perusahaan ritel di Indonesia yang berada sama level dengan skala multinasional. Rintangan yang dihadapi semakin sulit. Hero Group harus mampu bertahan dalam menghadapi kompetisi. “Kita harus melawan dengan harga, lokasi supermarket, strategi marketing, kualitas produk, pelayanan dan kenyamanan, dibandingkan dengan pesaing-pesaing,” kata Nurjahati.
Setelah IPO  pada 1990, Hero Group menjadi member dari ARAN (Asian Retail Affiliation Network). Maka dari itu, Hero Group bisa melakukan aktivitas bisnis dan bekerja sama dengan ritel besar di Asia. Guardian dibuka di Indonesia pada tahun 1990. Lalu pada 1 July 1991, Starmart dibuka. Sementara untuk Hero Supermarket, setelah IPO telah diberikan dampak yang luar biasa. Bayangkan hampir setiap tahun, empat supermarket dibuka dengan tambahan 71 Hero Supermarket di seluruh Indonesia. Tahun 1996 adalah tahun puncak dimana Sembilan supermarket dibuka. Ini adalah pencapaian yang luar biasa pada saat itu.
 Memasuki tahun 1998, Hero Group tidak bisa melarikan diri dari krisis keuangan. Selama kerusuhan Mei 1998, beberapa Hero Supermarket dibakar oleh penduduk. Untungnya, beberapa orang masih percaya dan mempunyai “rasa memiliki” kepada Hero. Saat kerusuhan dan krisis selesai, ada 68 Hero Supermarket yang bertahan dan berjalan seperti biasa.  Hero Group memiliki produk merek sendiri (Private Label). Dengan strategi ini, Hero mampu mendorong harga semenjak promosi dan harga kemasan telah dipotong tanpa menurunkan kualitas. Respons pelanggan luar biasa, mereka menjadi lebih cerdas. Dalam pikiran mereka, harga untuk uang lebih diprioritaskan dalam berbelanja. Apabila mereka bisa mendapat kualitas yang sama, mereka tidak seharusnya membeli produk yang lebih mahal. Hero Group lagi-lagi menunjukkan kekuatannya. Melengkapi kesuksesan Hero Supermarket, bisnis Hero Group berkembang menjadi beberapa grup. Sampai 2000, Apotek Guardian mempunyai 38 cabang, Starmart minimarket mempunyai 26 cabang, Mitra Toko Diskon mempunyai 8 cabang dan banyak unit bisnis.
Kunci dari semua kesuksesan berada di perencanaan korporasi dan pelaksanaan perencanaan strategi. Pembaruan rencana dan strategi perlu dilakukan secara cermat, tidak statis dan pastinya relevan dengan kondisi ekonomi pada saat itu. Tidak bisa dihindari, Hero Supermarket harus bisa menangani situasi pasaran pada saat itu. Dengan perencanaan yang hati-hati dan strategi yang jelas, Hero bisa berkembang dalam situasi kompetitif.

v  THE NEW WORLD OF FRESH
Sepuluh tahun setelah IPO, Hero dibuktikan bertahan meskipun adanya kondisi ekonomi yang kurang menguntungkan. Memasuki dekade milenium, ekonomi telah berangsur-angsur membaik. Inflasi dan Rupiah menjadi kuat, dan mendorong daya beli penduduk yang bangkit kembali. Kondisi ini telah memberikan ritel besar kesempatan untuk menyediakan untuk pasaran yang berkembang. Hero Group bahkan lebih baik saat memasuki tahun 2000an. Di bawah Hero Group, Starmart telah membuka 131 cabang di seluruh Indonesia. Starmart adalah sebuah minimarket dengan konsep toko yang nyaman dan terfokus untuk para pelanggan yang menginginkan produk berkualitas dengan pelayanan yang nyaman dan bisa diandalkan.Sementara itu untuk Guardian, apotek, toko kesehatan dan kecantikan ini yang dibuka setahun sebelum kelahiran Starmart, juga menunjukkan kemajuan yang memuaskan. Didirikan pada tahun 1990.
Konsep toko ini adalah solusi belanja satu tempat untuk kesehatan keluarga. Dimana pelanggan bersama dengan kerabat atau keluarga dapat membeli kebutuhan kesehatan mereka. Diberikan keuntungan dari situasi milenium, Hero Group dapat menghadapinya dengan kegigihan. Dairy Farm Management Service ltd, kembali meyakinkan kepemilikannya akan Hero Group dengan menambahkan lebih banyak modal di tahun 2004. Secara otomatis, jaringan Hero Group mengikuti jaringan yang dimiliki oleh konsorsium ritel terbesar dunia Dairy Farm International Holdings (DFI). Maka dari itu, Hero Group secara resmi menjadi ritel global dari Indonesia dan beroperasi seperti ritel kelas dunia lainnya. Ini adalah perwujudan dari apa yang Kurnia- pendiri Hero inginkan dalam hidupnya. “Dibangun secara lokal, tetapi bekerja dengan standar internasional”, kata Kurnia saat mempimpin Hero untuk go public.
Hero Supermarket melebarkan pnya dan berubah menjadi Giant untuk segmen Hypermarket. Giant Hypermarket pertama dibuka di Indonesia pada 2002, berlokasi di Villa Melati Tangerang. Sebagai tambahan untuk kekuatan di segmen ritel, saham Hero Group menjadi lebih besar dengan adanya Giant sebagai hypermarket internasional. Dengan adanya Giant Hypermarket, kebutuhan penduduk di beberapa kota di Indonesia terpenuhi. Akankah pasar Hero Supermarket terganggu dengan adanya Giant? Jawabannya adalah tidak. Hero Supermarket dibuka untuk pelanggan yang menginginkan atmosfir berbelanja yang nyaman dan pelayanan yang terbaik. Giant Hypermarket dibuka untuk mengakomodasi entusiasme publik untuk berbelanja dengan pelayanan yang baik dengan harga yang hemat.
PT Hero Supermarket Tbk mempekerjakan lebih dari 13,700 orang dan melayani pelanggan di 558 gerai. Terhitung dari 30 Juni 2012 , perusahaan ini telah mengoperasikan 43 gerai Giant Hypermarket, 130 gerai Hero & Giant supermarket, 241 gerai kesehatan dan kecantikan Guardian dan 144 gerai Starmart.
Dairy Farm melalui kepemilikannya terhadap PT Hero Supermarket Tbk telah di berikan hak untuk waralaba IKEA di Indonesia, dan gerai kami yang pertama akan di buka di tahun 2014.
Sekilas tentang Dairy Farm International Holdings Limited. Dairy Farm International Holdings Limited adalah sebuah perusahaan ritel raksasa di Asia, dengan dasar hokum pendirian di Bermuda dan terdaftar sebagai saham premium di Bursa Saham London-Inggris. Dengan pencatatan di Bursa Saham di Singapura dan Bermuda .Di akhir 31 Desember 2011, Dairy Farm Group beserta dengan asosiasi nya mengoperasikan sekitar 5400 gerai dan memperkerjakan lebih dari 85.000 karyawan, dan mempunyai omset penjualan melebih 10 milyar US Dollar. Sedangkan di wilayah Asia Tenggara, Dairy Farm mengoperasikan 956 gerai (433 gerai berlokasi di Singapura, 186 gerai berlokasi di Malaysia, 533 di Indonesia dan 115 di India).
Group ini juga mengoperasikan merk gerai yang sudah terkenal diantara nya Wellcome (supermarket untuk barang masakan terkenal di Hongkong, Taiwan) Katering Maxim (Group restaurant terkenal di Hongkong) Cold Storage (Supermarket), Jason Market Place / Market Place by Jason’s (Supermarket mewah di Singapura, Hongkong, Thailand), ThreeSixty (supermarket organic & ramah lingkungan), Shop N Save (supermarket diskon), Giant (hypermarket), dan Mannings/Guardian (gerai kesehatan dan kecantikan) di beberapa regional area, dan juga mengoperasikan 7-Eleven (minimarket), Hero (supermarket), dan IKEA (toko perabot dan furniture di Hongkong dan Taiwan).
Di bulan Maret 2012, Group ini telah mengakusisi saham sebesar 70% terhadap perusahaan yang mengoperasikan 6 gerai bermerk Lucky di Kamboja, dan baru-baru ini juga telah mengakusisi 50% dari saham Rustan Supercentres, Inc di Filipina, dimana perusahaan tersebut mengoperasikan 10 hypermarkets dan 22 supermarkets.
Perusahaan ini merupakan bagian dari Grup Jardine Matheson, dimana mempunyai beberapa unit bisnis yang berbeda di Asia. Jardine Pacific, Jardine Llyod Thompson, Hongkong Land, Dairy Farm, Mandarin Oriental. Jardine Cycle & Carriage, dan Astra termasuk didalamnya. Dan perusahaan-perusahaan ini merupakan pioneer di bidang teknik & konstruksi, jasa transportasi, asuransi, investasi pembangunan property, retail, restoran, hotel mewah, sepeda motor, jasa keuangan, pertambangan dan agribisnis.
Sangatlah jelas kalau sekarang Hero merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis ritel raksasa di Asia, Sangat mengagumkan!





Visi, Misi dan Falsafah Perusahaan
PT. Hero Supermarket Tbk., memiliki Visi dan Misi yakni:
v  Visi
Menjadi peritel terkemuka di Indonesia dalam segi penjualan danpenciptaan nilai jangka panjang bagi pemegang saham.

v  Misi
Meningkatkan nilai investasi pemegang saham kami melaluikeberhasilan komersial dengan menarik pelanggan danmeningkatkan daya saing yang mantap.

v  Falsafah
~        Kami selalu mengutamakan service yang terbaik kepadapelanggan.
~        Kami selalu menyediakan produk yang bermutu tinggi sesuai dengan keinginan pelanggan.
~        Kami bersama-sama menciptakan kesatuan manajemen yang sempurna.






Analisis PT. Hero Supermarket Tbk
§  Manajemen Perusahaan
Menurut analisis PT. Hero Supermarket Tbk termasuk kedalam perusahaan ritel. Karena, PT. Hero Supermarket Tbk melakukan aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir.
PT. Hero Supermarket Tbk yang merupakan perusahaan ritel memiliki strategi untuk merebut pasar, dengan kata lain disebut dengan agresifitas dalam penyebaran flyer promosi, penekanan pada kualitas dan kenyamanan berbelanja. Manajemen dalam PT. Hero Supermarket Tbk ialah untuk merealisasikan proses perencanaan, pengorganisasian, penggerak, pengendalian, dan untuk pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan seluruh kegiatan dalam perusahaan ini.
PT. Hero Supermarket Tbk merupakan perusahaan ritel yang tak memproduksi sendiri barang dan jasa-nya, tetapi prusahaan ini mengelola sumber-sumber ekonomi untuk tujuan memperoleh laba. Staregi awal PT. Hero Supermarket Tbk untuk merebut pasar adalah agresifitas dalam penyebaran flyer promosi, penekanan pada kualitas dan kenyamanan berbelanja.
Dan PT. Hero Supermarket Tbk telah membuka banyak cabang, yang awalnya hanya memiliki satu atau lebih gerai, beberapa gerai yang dikelola oleh PT. Hero Supermarket Tbk yaitu: Cold Storage, Wellcome, Three Sixty, Eleven, Mercato, Oliver’s, Hero, Giant, Starmart, Lucky, Shop n Save, Jasons, Ikea, GNC Guardian, Foodworld, Shopwise.
Manajemen dalam PT. Hero Supermarket tak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya yaitu, untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien, sehingga perusahaan akan mampu bertahan dan dapat berkembang lebih besar serta lebih baik lagi.
§  Rapat Anggota
Suatu perusahaan termasuk PT. Hero Supermarket melaksanakan tata kelola perusahaan dengan melakukan IPO (Initial Public Offering) dengan komposisi sebagai pemegang saham. Dimana kegiatan IPO ialah kegiatan penawaran saham yang diatur oleh pasar modal itu sendiri.
§  Pengurus di PT. Hero Supermarket Tbk yang tersebar ke seluruh Indonesia
1
Ketua Umum
Jakwan (Giant Poins Lebak Bulus)
2
Sekretaris Jendral
Syafriadi (Giant Spm Menteng Huis)
3
Wakil Sekretaris Jendral
Toto Suranto (Giant Cimanggis)
4
Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO)
Bunyamin (Giant Cimanggis)
5
Badan Internal Audit
Budiarto (Head Office)
6
Sekretaris BIA
Herman Widianto (Giant Taman Yasmin)
7
 Ketua I
Arief H Siagian (Giant Bekasi)
8
Ketua II
Kosim (Giant Poins Lebak Bulus)
9
Bendahara
Sukirno (Hero Sarinah)
10
Wakil Bendahara
Mahtub (Hero Kemang Villa)



      Divisi-divisi
1
Divisi Hukum dan Advokasi
Agus Sulendi (Giant Kalibata)
2
Divisi Hukum dan Advokasi
Ahmad Yani (Giant Spm Gunung Sahari)
3
Divisi Hukum dan Advokasi
Darmanto (Giant Spm Palur Solo)
4
Divisi Hukum dan Advokasi
Al Imran (Giant Spm Rawamangun)
5
 Divisi Hukum dan Advokasi
Suprianto (Giant City Mall)
6
Divisi Sosial dan Rohani
Puji Kuswanto (Giant Points Lebak Bulus)
7
Divisi Sosial dan Rohani
Heriyanto (Giant Semanggi)
8
Divisi Sosial dan Rohani
Sodlih (Giant Spm Bintaro Veteran)
9
Divisi Sosial dan Rohani
Chaerul Umam (Starmart Mth Square)
10
Divisi Seni dan Olahraga
Edy Suhendra (Giant Spm Slipi Jaya)
11
 Divisi Seni dan Olahraga
Eka Wirya (Hero Tarogong)
12
 Divisi Usaha
Husin (Giant Spm Lebak Bulus)
13
Divisi Usaha
Romdoni (Giant Spm Rawamangun)
14
 Divisi Humas
Zaenal Arifin (Hero Sarinah)
15
Divisi Humas
Dedy Jayadi (Hero Senayan)
16
Divisi P4O
Saepudin (Giant Spm Bintara)
17
Divisi P4O
Widianto (Giant Bekasi)
18
Divisi P4O
Solyan Hadi (Giant Margo City Depok)
19
Divisi Komite Pekerja Muda
Joko Triatno (Hero Senayan)
20
Divisi Komite Pekerja Muda
Ferdiansyah (Hero Cokroaminoto)
21
Divisi Komite Perempuan
Nuraini (Giant Bintaro Emirald)
22
Divisi Komite Perempuan
Sri Maryati (Giant Ciledug)
23
Divisi IT
-
24
Divisi Profesional Manager Staff (PMS)
Ivan Agusta (Giant Citra Garden)
25
Divisi Profesional Manager Staff (PMS)
Anton Gonar

§  Pengawai
Untuk bisa terus menjalankan kegiatan dalam perusahaan, PT. Hero Supermarket Tbk juga harus memiliki pengawasan secara internal maupun eksternal dengan  melibatkan pihak-pihak yang memang telah terpilih dan mampu untuk menjalankan perusahaan dengan baik.
§  Manajer
Salah satu yang berdampak pada keberhasilan suatu perusahaan itu karena kerjasama semua pihak yang tergabung pada PT. Hero Supermarket Tbk, dengan dukungan, loyalitas dan kreatifitas sehingga dibutuhkan tenaga kerja lokal yang tersebar mulai dari posisi jabatan President Commisioner, Commisioner, Independent Commissioner, President Dorector dan Non Affiliated Director. Dengan itu sudah jelas bahwa manajer sangat dibutuhkan dalam kunci keberhasilan suatu perusahaan.
Pendekatan sistem PT. Hero Supermarket Tbk, saat ini sudah mengimplementasikan sistem penerimaan barang, pengiriman barang, produksi barang, hingga penjualan barang. Dengan ini maka PT. Hero Supermarket Tbk ingin mendapatkan barang/jasa dengan kualitas baik, harga wajar, tepat waktu dan melalui prosedur barang yang benar.
§  Jenis Perusahaan
PT. Hero Supermarket Tbk termasuk jenis perusahaan dagang, karena perusahaan ini menjual produk ke pelanggan, tetapi tidak semua barang yang akan dijual diproduksi sendiri oleh PT. Hero Supermarket Tbk. Perusahaan ini membeli dari perusahaan lain yang akan menjualnya. PT. Hero Supermarket Tbk termasuk kedalam Perusahaan, bukan Badan Usaha karena PT. Hero Supermarket Tbk adalah suatu bentuk usaha yang mencari keuntungan, baik yang bergerak dalam bidang perdagangan, bergerak dalam bidang usaha produksi barang, dan bergerak dalam bidang usaha jasa serta memiliki suatu struktur organisasi, manajemen, lokasi dan karyawan.
PT. Hero Supermarket Tbk berdasarkan hukum termasuk kedalam PT (Perseroan Terbatas), karena perusahaan yang kepemilikan modalnya terbagi atas saham-saham dimana tanggungjawab pemegang saham terbatas pada saham yang dimiliki. Dengan komposisi pemegang saham sebagai berikut: PT. Hero Pusaka Sejati 50.10%, PT. Matahri Putra Prima Tbk 10.42%, SVV Netherland BV 10.20%, Mulgrave Corp BV 7.63%, dan masyarakat 21.65%.
Modal pada PT. Hero Supermarket Tbk berasal dari saham yang sudah dipertanggungjawabkan. Karena modal perusahaan adalah faktor yang sangat penting dalam perusahaan, dan merupakan hasil residual antara aset dan hutang. Sumber modal atau aliran dana PT. Hero Supermarket Tbk berasal dari dalam perusahaan dan luar perusahaan, modal dalam perusahaan meliputi penggunaan laba perusahaan, penggunaan cadangan dan penggunaan laba ditahan. Sedangkan modal dari luar perusahaan meliputi saham jangka pendek maupun jangka panjang.


§  Distribusi Cadangan Perusahaan
PT. Hero Supermarket Tbk memulai dengan menggalakan program promosi untuk mengubah pandangan masyarakat tentang Hero itu sendiri. Menurut Ipung Kurnia (CEO Hero) , strategi seperti ini mampu menaikkan omzet hingga 30%. Selain itu juga gencar diadakan undian berhadiah, dengan maksud untuk tetap terus menggandeng para konsumen.
Efek-efek ekonomis PT. Hero Supermarket Tbk harus berjalan dengan baik agar dapat tercapi tujuan perusahaan itu sendiri. Peran dari para karyawan-pun sangat menentukan keberhasilan perusahaan tersebut.
§  Efek Harga dan Efek Biaya
Dilihat dari PT. Hero Supermarket Tbk, bahwa harga yang dikeluarkan untuk setiap produknya pasti sudah diperhitungkan, mulai dari harga asli dari perusahaan asal, harga setelah didistribusikan, dan harga-harga yang tak terduga lainnya.
§  Analisis Hubungan Efek Ekonomis Dengan Keberhasilan Perusahaan
            Keberhasilan PT. Hero Supermarket Tbk, jika dilihat dari sisi perusahaan sampai saat ini Hero merupakan satu-satunya retailer lokal yang memiliki strategi pengembangan private label yang cukup intensif. Dengan strategi ini Hero diharapkan mampu meningkatkan kemampuan labanya.
§  Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Penyajian neraca tergantung pada hasil yang telah diperoleh PT. Hero Supermarket Tbk dan harga yang diperjualbelikan-pun setiap hari bisa mengalami perubahan.
§  Efisiensi Perusahaan
Suatu perusahaan dikatakan efisien apabila jumlah penerimaan konsumen akan barang yang dibutuhkan mudah dipenuhi oleh PT. Hero Supermarket Tbk. Efisiensi PT. Hero Supermarket Tbk terfokus pada hasil dan target penjualan barang yang dipasarkan diberbagai gerai seluruh Indonesia. Analisis laporan PT. Hero Supermarket Tbk terdiri dari laporan harian, mingguan, bulanan, tahunan, berkelanjutan, eksplorasi, dan keuangan.
Peranan PT. Hero Supermarket Tbk dalam persaingan seperti dalam pasar modal, yaitu dengan melakukan IPO (Initial Public Offering) pada tanggal 21 Agustus 1989. Komposisi pemegang saham per tanggal 25 Juli 2001 adalah sebagai berikut: PT Hero Pusaka Sejati 50.10%, PT Matahari Putra Prima Tbk 10.42%, SSV Netherland BV 10.20%, Farm diperkirakan sebesar 7.63%, yaitu melalui Mulgrave Corp. BV. Selain itu Dairy Farm melalui Mulgrave Corp. BV juga memiliki obligasi konversi sebesar 24.55%. Dengan demikian total kepemilikan Dairy Farm atas saham Hero adalah 32.18%.







BERBAGAI KEMUNGKINAN BARU
Satu decade setelah millennium baru, PT Hero Supermarket Tbk terus berjalan dengan kuat. Menjalani rencana ekspansi besar-besaran, per September 2013, jumlah total toko yang dioperasikan oleh Hero Group adalah 634 toko dengan lebih dari 15.000 karyawan. Detail dari toko-toko tersebut adalah 48 toko Giant Ekstra, 111 toko Giant Ekspres, 35 toko Hero Supermarket, 151 toko Starmart, 286 toko Guardian dan 3 toko Jason's.
Di 2012, terdapat dua perkembangan menarik di dalam Hero Group. Yang pertama adalah konsep baru Starmart yang mengusung tema convenience store yang dimulai di Oktober 2012 ketika renovasi Starmart BRI II telah selesai. Konsep baru tersebut terbukti sangat sukses dalam menciptakan tampilan yang baru dan menarik yang pada akhirnya menciptakan lebih banyak penjualan untuk toko tersebut. Sekarang ini konsep yang telah terbukti tersebut sudah dalam proses untuk diaplikasikan ke semua toko Starmart.
Perkembangan brilian kedua di 2012 adalah penciptaan dari konsep belanja ultra-premium dalam bentuk toko Jason's. Mulai beroperasi di 30 Desember 2012, konsep baru ini melayani konsumen khusus yaitu kalangan atas yang per September 2013 telah memiliki tiga toko.
Di 2013, bisnis unit Giant menjalani perubahan identitas dari Giant Hypermarket dan Giant Supermarket menjadi Giant Ekstra dan Giant Ekspres. Perubahan ini juga diikuti dengan perubahan konsep dan pembedaan yang jelas antara kedua format, dimana Giant Ekstra akan menjadi pemimpin pasar dalam harga murah dengan produk yang lengkap untuk kebutuhan bulanan konsumen dan Giant Ekpres akan menjadi pemimpin pasar dalam harga murah dengan pelayanan cepat untuk melayani kebutuhan mingguan konsumen.
Perkembangan pembangunan IKEA semakin terlihat dimana toko pertama akan buka pada Juni 2014 di Alam Sutera, Tangerang Selatan yang menjadi bagian dari area metropolitan Jabodetabek.
Dengan perkembangan dinamis yang cepat ini, dan dengan dukungan penuh dari Dairy Farm sang retailer pemimpin di Asia, Hero Group telah mempersiapkan diri untuk masa depan sebagai retailer yang memimpin di Indonesia.
PT. Hero Group adalah pemain ritel terkemuka di Indonesia, yang selalu mengembangkan outlet di kepulauan ini. Untuk mengembangkan outlet, Hero Group membuka kesempatan dan mendorong kooperasi kepada pemilik tanah, pengembang rumah (developers) atau pemilik gedung (toko, gedung, gudang, apartment, hotel, kantor, dll.).
Hero Group Mempunyai Beberapa Format Outlet:
Hypermarkets, Super stores, supermarkets, Health & Beauty, Convenience Store (mini).
Prasyarat Utama:
·         Giant Ekstra
-        Tanah min. 5000 m2 dan / atau gedung min 3500 m2
-        Lebar tanah min. 60 m (Lebih lebar)
-        Berlokasi di kota dengan minimum kabupaten / kota dan bersituasi di pinggir tol.
-        Radius 1 KM seharusnya padat penduduknya atau di tengah kermaian.
-        Peruntukan tanah / gedung adalah komersial.

·         Giant Ekspres / Hero Supermarket
-        Tanah min. 2000 m2
-        Gedung min. 1200 m2 (satu lantai)
-        Lebar tanah min. 35 m
-        Berlokasi di area perumahan atau distrik yang padat penduduknya dan jalan atau mall besar.
-        Peruntukkan tanah / gedung adalah komersial.

·         Health, Beauty & Convenience Store (Guardian / Starmart)
-        Area min. 40 m2
-        Komersial, kantor, apartment, hotel atau mall.
Sementara hanya di ibukota provinsi untuk min. di luar Jawa dan kota madya di pulau Jawa dan Bali.
Untuk informasi lebih lanjut, mohon mengirimkan surat ke:
PT. Hero Supermarket Tbk
Site Development Department.
Hero Building 2nd Fl. 8
Jl. Gatot Subroto 177A Kav. 64
Jakarta 12870
Disusun kembali oleh : Theresia Amelia Sebastian
NPM                            : 120.112.883                         

1 komentar: